Cara memasang lantai parket

  1. Alat dan bahan

Persiapkan terlebih dahulu alat pemasangan untuk memasang lantai parket pada ruangan kamu, diantaranya adalah, palu karet, pengukur, bor, gergaji, palu besi, masker, obeng, pisau cutter, pull bar

  1. Persiapan

Ukur ruangan terlebih dahulu menggunakan alat pengukur, dan jangan lupa untuk menambahkan 10 hingga 15 persen dari hasil ukuran asli agar dapat menjadi cadangan yang diperlukan apabila parket lantai rusak saat dalam pemasangan.

 

  1. kondisi pemasangan

Sebaiknya kamu memastikan untuk mengetahui kondisi lantai tersebut sebelum melakukan pemasangan. Kodisi pemasangan harus layak untuk memasang parket lantai, sebisa mungkin jangan ada retakan ataupun  lubang pada kondisi lantai yang ingin dipasangkan parket lantai.

Apabila lantai dalam masa sehabis plester,. Kayu panjang dapat menjadi solusinya. Untuk meratakan sisa plesteran pada lantai. Dan gunakan amplas kayu untuk meratakan dan menghaluskan sisa-sisa plester tersebut.

 

  1. pasang garis parket

Persiapkan plastic lebar, dan pasang dengan cara membentangkannya merata ke semua sudut dan sisi lantai yang akan dipasangkan garis parket lantai. Jangan lupa untuk menyisakan bentangan plastic  sebesar 15 cm.

  1. pasang bantalan

Bantalan atau lapisan busa ini perlu dipasangkan untuk lapisan akhir yang akan dipasangkan lantai parket nanti. Lapisan ini berguna untuk membuat kenyamanan pada pengguna ketika lantai parket  ini sudah terpasang.

 

  1. memeriksa bahan-bahan pemasangan parket lantai

Usahakan jangan sampai kecacatan dalam bahan, karena dapat menghalangi proses pemasangan dalam parket lantai ini.

  1. pemasangan pertama

Pemasangan pertama parket lantai terletak pada sudut bagian ruangan terlebih dahulu.

  1. menentukan pola

 

Terdapat banyak pola pasang dalam lantai parket, contohnya seperti parket lantai pola brickwork, yang seakan seperti bentuk pemasangan batu bata.

  1. gergaji

Ukur dan potong bagian sisi luar area pinggir menggunakan gergaji,

  1. finishing

Pastikan agar lantai yang sudah terpasang parket lantai telah rapih dan melekat erat dengan lantai secara sempurna. Lihat juga sisi pinggir dari lantai parket murah yang menjadi batas pemisah dengan ruangan lain. Hal ini agar lantai dapat dipastikan aman dan dapat bertahan lebih lama. Agar memastikan lantai parket sudah melekar dengan baik, kamu bisa gunakan baut untuk mengencangkannya.