Memilih dekorasi yang baik dan benar pada sebuah rumah tentu cukup membingungkan, terutama untuk kamu yang baru pertama kali memiliki rumah sendiri. Hal tersebut dapat terjadi karena pada setiap perabotan yang digunakan dalam rumah harus dipertimbangkan secara benar, agar nantinya barang-barang yang digunakan lebih tepat guna ketika digunakan sehari-hari. Beberapa orang bahkan bingung untuk memilih material penutup jendela, apakah harus memilih gorden konvensional atau langsung memilih roller blind yang jauh lebih modern. Untuk itu, dalam artikel ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai tirai roller yang sedang ramai diperbincangkan.

Bedanya Antara Roller Blind dengan Gorden

Perbedaan Antara Roller Blind dengan Gorden

Sering kali orang salah paham mengenai jenis gorden. Bahkan tirai roller juga dianggap sebagai bagian dari gorden. Untuk itu, kamu harus paham terlebih dahulu mengenai beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara kedua jenis bahan penutup jendela tersebut. Sebenarnya justru bukan hanya permasalahan dalam hal bahan, tetapi karena adanya keterkaitan antara fungsi dan kebutuhan yang berbeda antara pemilik rumah masing-masing. Inilah perbedaan antara tirai roller dengan gorden.

Dilihat dari proses pemasangan

Roller blind  atau tirai roller pada dasarnya jauh lebih mudah dipasang bila dibandingkan dengan gorden. Untuk pemasangan yang dilakukan oleh ahlinya, biasanya hanya memakan waktu 10 hingga 15 menit saja untuk jendela yang simpel. Hal tersebut terjadi karena bahan yang digunakan cenderung mudah diterapkan dan juga bagian utama dari tirai roller hanya perlu dikaitkan pada sisi gantungan yang telah dibuat. Sementara itu, pada gorden pastinya akan lebih susah dipasang karena bahan kain yang digunakan cukup lebar dan sedikit merepotkan ketika dilipat. Selain itu, butuh banyak pengait yang ada di bagian rel sehingga setidaknya kamu perlu waktu 30-45 menit untuk memasangnya.

Dari segi bentuk

Bentuk tirai gulung bisa bermacam-macam. Ada yang menutup sempurna dan ada juga yang memiliki celah-celah untuk memasukkan cahaya dari luar jendela. Lain halnya dengan gorden yang pasti terbuat dari kain untuk menutup seluruh bagian jendela sehingga tidak memungkinkan cahaya masuk saat gorden ditutup. Hal ini bisa menjadi pertimbangan apakah kamu menginginkan cahaya masih bisa masuk sekalipun jendela ditutup atau justru ingin meminimalisasi masuknya cahaya.

Dari segi bahan

Untuk tirai roller, bahan yang digunakan sangatlah beragam. Bahan tersebut antara lain plastik, vinil, aluminium, maupun kayu yang dilapisi dengan polimer. Tentunya pemilihan bahan tersebut berpengaruh terhadap harga jual yang ditawarkan.Untuk gorden sendiri bahan yang digunakan hanya kain. Meskipun begitu, kamu bisa memilih jenis kain apa yang cocok digunakan sehari-hari dan juga seberapa ketebalan yang kamu perlukan. Tentunya untuk mendapatkan privasi yang ekstra kamu perlu kain yang tebal.

Cara pembersihan

Untuk membersihkan kain dari gorden kamu perlu mencuci seperti baju atau menggunakan jasa laundry. Tentunya semakin lebar gorden tersebut semakin susah juga untuk dibersihkan. Sementara itu, untuk tirai roller kamu hanya perlu lap basah atau tisu basah tanpa perlu harus mencopotnya terlebih dahulu.

Kekedapan

Untuk sisi kekedapan, kain gorden terbukti lebih unggul karena mampu meresap getaran yang ada. Untuk tirai roller sendiri getaran suara dari luar, bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah. Meskipun tidak berbeda jauh, tentu semua itu kembali kepada kebutuhan masing-masing.

Demikianlah artikel singkat mengenai perbedaan roller blind dengan gorden. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi untuk kamu yang sedang mencari penutup jendela yang tepat. Selamat memilih!