5 Macam Teknik Jilid Buku Dalam Percetakan

Ketika bersekolah tentu banyak sekali tugas yang mengharuskan Anda terlibat dengan percetakan, karena harus mencetak, mengcopy, maupun menjilid. Teknik yang digunakan untuk jilid buku tidaklah mutlak dan bisa Anda kombinasikan sesuai dengan kebutuhan, misalnya saja untuk kertas yang banyak, Anda bisa menggunakan teknik soft cover jilid agar terlihat lebih rapi.

Sebelum memilih teknik jilid, ada baiknya Anda tanyakan terlebih dahulu berapa harga jilid soft cover yang akan dibebankan. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa menjilid buku sesuai dengan anggaran yang dimiliki.

Macam – Macam Teknik Jilid Buku, Salah Satunya Soft Cover Jilid

5 Macam Teknik Jilid Buku Dalam Percetakan

Terdapat banyak sekali macam teknik jilid buku yang biasanya tersedia di percetakan, namun yang sering digunakan adalah teknik soft cover jilid. Hal tersebut terjadi karena proses pemasangannya lebih cepat dan cocok untuk berbagai kebutuhan. Selain teknik soft cover, terdapat beberapa teknik jilid buku lainnya yang harus Anda ketahui dan berikut uraiannya.

1. Jilid soft cover

Teknik jilid buku yang satu ini akan menggunakan jenis cover yang cukup ringan dan tipis. Bagian covernya akan dilaminating sehingga terlihat mengkilap. Teknik ini cocok digunakan untuk jumlah kertas yang banyak maupun sedikit.

2. Jilid baut

Teknik jilid baut biasanya digunakan untuk beberapa kebutuhan tertentu saja, seperti pembuatan buku menu, katalog dan lain sebagainya. Kertas akan dilubangi dari bagian depan hingga belakang kemudian dipasangkan baut untuk menguatkannya.

3. Jilid benang

Seperti namanya, penerapan teknik ini akan menggunakan benang yang akan dijahit tegak lurus pada bagian tengah buku. Banyaknya jumlah jahitan biasanya ditentukan dari ketebalan bukunya.

4. Jilid spiral

Sesuai dengan namanya, teknik ini akan biasanya ,menggunakan bahan plastik ataupun besi spiral di bagian pinggirnya. Teknik ini biasa digunakan untuk berbagai jenis buku yang tipis hingga medium. Kedua sisi kerta akan dilubangi terlebih dahulu sebelum dipasang spiral. Teknik ini sangat cocok digunakan untuk buku bacaan atau catatan, karena bisa dibolak balik dengan lebih leluasa.

5. Jilid kawat

Teknik jilid yang satu ini lebih dikenal dengan jilid staples. Teknik ini cocok digunakan untuk buku yang cenderung tipis. Bagian tengah buku akan disambungkan dengan staples besar agar rekat. Ini merupakan jenis teknik jilid yang paling sederhana.

Setiap teknik jilid memiliki proses pemasangan dan bahan yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat harga pemasangan jilid tidak akan sama. Harga jasa jilid soft cover pada setiap toko percetakan bisa saja akan berbeda, berkisar 12-27 ribu. Dengan mengetahui berbagai teknik jilid buku, Anda bisa lebih memahaminya dan bisa memilih teknik mana yang paling sesuai untuk kebutuhan.