Tali lanyard merupakan tali yang terbuat dari berbagai bahan seperti tissue, nylon, dan kain polyester dimana pada awal pemanfaatannya digunakan untuk kepentingan militer. Namun semakin berkembang, tali lanyard yang unik dan tahan lama ini digunakan untuk berbagai benda yang bermanfaat seperti tali id card.

Perawatan Tali Lanyard yang Benar Agar Bisa Digunakan dalam Jangka Waktu Lama

Benda yang Sering Menggunakan Tali Lanyard

Produksicetak.com – Dalam keseharian, tali lanyard sering sekali digunakan, namun tidak banyak orang yang tahu cara merawat tali lanyard agar tidak mudah rusak dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Beberapa benda yang sering memanfaatkan tali lanyard diantaranya id card, tali peluit, serta kartu panitia, di mana benda-benda tersebut harus disimpan dengan baik karena kepentingannya.

Tips Mudah Merawat Tali Lanyard

Untuk menjaga tali lanyard tetap awet, ada beberapa cara perawatan yang harus diperhatikan,  pertama seseorang harus meletakkan tali lanyard di tempat yang bersih, dan kering. Hindari meletakkan tali lanyard di atas lemari karena sangat rentan dengan debu yang dapat mengotori lanyard.

Setelah seseorang bisa menyimpan lanyard di tempat yang aman dan tidak rentan debu, maka cara merawat selanjutnya adalah dengan mencuci tali lanyard dengan  benar. Sebenarnya cara mencuci tali lanyard sangat mudah, yakni hanya merendamnya dengan air hangat. Hindari suhu air yang terlalu tinggi karena akan membuat pudar warna serta motif sablon yang ada.

Penggunaan detergen dalam mencuci tali lanyard juga harus dihindari, karena kandungan detergen mudah melunturkan warna pada tali lanyard. Jika ingin menciptakan bau harum saat mencuci, bisa memanfaatkan shampoo sebagai bahan tambahan.

Terkadang akibat dari mencuci membuat tali lanyard kusut, maka untuk mengatasinya bisa di setrika dengan cara melapisi permukaan tali lanyard dengan kain. Selain bersih tali lanyard akan terlihat rapi dan siap digunakan kembali tanpa mengurangi sisi formalitas yang ditunjukkan dari pemakaian tali lanyard.

Demikianlah cara yang bisa diterapkan dalam merawat tali lanyard, agar senantiasa awet. Perawatan tali lanyard ini sangat penting terlebih bagi penggunaannya yang  membutuhkan jangka waktu lama, seperti tali id card yang wajib digunakan saat bekerja di kantor.