Pengharum Ruangan Alami

Bau yang tidak sedap menjadi salah satu masalah yang sering terjadi di dalam rumah, bisa disebabkan bau sampah yang ada di belakang, bau ruangan yang lembab, bisa juga disebabkan bau bahan makanan dan masakan dapur sehari-hari. Keberadaan bau yang tidak sedap membuat penghuni rumah tidak nyaman, dan seringnya mereka memilih menggunakan air freshener yang harganya cukup mahal, jika digunakan berkali-kali maka air akan cepat habis dan kamu harus mengeluarkan dana yang cukup besar. Agar lebih berhemat, sebenarnya kamu bisa menggunakan pengharum ruangan alami, kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami di sekitar kita dengan harga yang lebih ekonomis.

Ada banyak sekali manfaat yang akan kamu dapatkan dengan memilih pengharum ruangan menggunakan bahan-bahan alami, di antaranya lebih mudah ditemukan, harga lebih terjangkau, dan tidak ada efek samping berbahaya yang akan kamu dapatkan. Selain dipajang dengan mudah, kamu juga bisa membuatnya menjadi pengharum ruangan dengan campuran bahan lain. Proses pembuatannya cukup mudah dan yang pasti harumnya lebih semerbak dan membuat rumah nyaman dihuni.

Inilah 5 Pengharum Ruangan Alami yang Akan Membuat Betah di Rumah

Pengharum Ruangan Alami

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memajang pengharum ruangan alami, kamu bisa membuatnya dengan beberapa proses atau cukup diletakkan saja dan harumnya tetap akan menyebar ke seluruh ruangan. Pengharum ruangan satu ini menggunakan bahan-bahan alami yang sangat mudah kamu dapatkan di sekitar kita. Cara memajangnya juga sangat mudah, kamu tidak membutuhkan proses yang rumit dan pastinya harumnya bertahan dalam waktu yang lama.

1. Kopi

Kopi merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk minuman, kopi menjadi minuman favorit mulai dari anak muda hingga orang tua. Aromanya yang wangi ternyata bisa menjadi pengharum ruangan alami. Cara menggunakan kopi untuk pengharum ruangan sangat mudah dilakukan, tidak perlu proses yang ribet. Caranya kamu bisa menaruh kopi dengan menggunakan jala di beberapa sudut ruangan, jika ingin aromanya tercium kuat maka kamu bisa meletakkannya di dekat lilin. Bau kopi yang terbakar akan membuat ruangan jauh dari bau tidak sedap.

2. Kayu Manis

Rempah-rempah satu ini memiliki khasiat yang sangat besar, selain digunakan untuk mengharumkan makanan, ternyata kayu manis bisa juga digunakan untuk pengharum ruangan. Jika kamu ingin mengharumkan ruangan dapur yang bau, kamu cukup rebus kayu manis di dalam panci sampai mendidih, pastikan air kayu manis di dalamnya tidak menyusut. Kemudian buka tutup panci dan angin-anginkan saja. Jika ingin mengharumkan ruangan tamu atau lainnya maka ambil air kayu manis yang sudah direbus, lalu letakkan di tempat tahan panas, kemudian letakkan di jendela atau di bawah AC.

Baca Juga : Jarang Diketahui! 9 Manfaat Biji Alpukat

3. Bunga-Bunga Pengusir Bau Tak Sedap

Selain membuat ruangan tampak hijau, indah dan asri. Ternyata bunga-bunga tertentu juga bisa digunakan untuk mengusir bau tidak sedap di dalam rumah. Bunga-bunga yang bisa kamu pilih antara lain rosemary, geranium, lavender, eukaliptus, gardenia, arabian jasmine, peppermint dan masih banyak lagi lainnya. Bunga-bunga wangi tersebut akan memberikan bau wangi yang sedap serta membuat rumah tampil indah dan menyegarkan.

4. Daun Pandan

Daun pandan tidak hanya digunakan untuk mengusir serangga dan nyamuk, kamu juga bisa menggunakan daun pandan menjadi pengharum ruangan alami yang tidak akan mudah hilang. Caranya irislah daun pandan tipis-tipis letakkan di mangkok. Selanjutnya letakkan mangkok tersebut di sudut-sudut ruang yang bau. Ketahuilah bahwa wangi daun pandan bertahan sampai satu minggu.

5. Gunakan Rebusan Apel dan Jeruk Lemon

Cara menggunakan rebusan apel dan jeruk lemon sebagai pengaharum ruangan ialah dengan cara bahan dipotong kecil-kecil, kemudian jemur hingga kering. Rebus dengan ditambahkan kayu manis, jika sudah mendidih maka masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam wadah tertutup seperti toples yang terbuat dari kaca atau batu.

Pengharum ruangan alami di atas bisa kamu coba di rumah, tidak perlu membeli pengharum ruangan yang mahal, cukup memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitarmu maka kamu bisa mendapatkan udara yang segar, bau wangi yang nyaman, dan relaksasi alami yang menenangkan.