Pernahkah anda mendengar cerita tentang negative SEO? Mungkin beberapa dari anda pernah mendengarnya bahwa negative SEO adalah sebuah mitos dan mungkin tidak bisa ditanggulangi. Atau bahkan anda juga mengira bahwa anda menjadi korban dari negative SEO di dalam website anda sendiri karena influx atau link spam.

Meskipun banyak selentingan kabar mengenai negative SEO, artikel kali ini akan menjelaskan detail secara mendalam tentang topik ini. Artikel kali ini akan menjelaskan tentang apa itu negative Search Engine Optimization, seberapa sering ini terjadi dan bagaimana cara mengetahui apakah anda menjadi korban atau tidak.

Pengertian Negative SEO

Memahami Lebih Dalam Tentang Negative SEO

Definisi dari negative SEO mungkin saja sangat sulit untuk dipahami. Namun, artikel kali ini akan mencoba untuk memberikan definisi dari negative SEO sejelas mungkin. Negative SEO adalah sebuah usaha malicious yang menyerang website anda dengan tujuan untuk merusak peringkat anda di mesin pencarian.

Negative Search Engine Optimization bukanlah hasil akibat dari para pesaing yang mencoba untuk menyalip peringkat anda. Meskipun banyak orang yang berasumsi bahwa negative SEO terjadi ketika para pesaing menyerang website anda, namun hal ini juga bisa berarti hasil dari sumber-sumber SEO yang belum terselesaikan.

Negative SEO biasanya terjadi ketika individu atau perusahaan lain memiliki keinginan yang kuat untuk mendepak anda dari peringkat untuk sebuah kata kunci tertentu. Hal ini bisa terjadi kapanpun bagi anda yang baru memulai sebuah perusahaan atau bahkan bagi anda yang telah malang melintang selama beberapa tahun.

Google mencoba untuk membuat negative SEO sangat sulit untuk didapat. Sebagai tambahan, membutuhkan kemampuan, sumber-sumber, dan waktu yang cukup lama untuk melancarkan serangan negative SEO kepada website lain.

Beberapa sumber menuliskan review tentang negative SEO dan pada dasarnya hal ini bisa saja terjadi pada anda kapanpun. Meskipun beberapa diantaranya terselipkan nuansa humor, namun beberapa diantara mereka memiliki poin yang jelas yaitu menyerang website anda bukanlah hal yang sering terjadi dan apa yang banyak orang pikirkan adalah sebuah serangan hanyalah berupa aktivitas biasa.

Beberapa kejadian yang biasanya terjadi selalu dikaitkan dengan negative SEO. Sebagaimana diungkapkan oleh beberapa sumber tersebut, jika profil link anda secara keseluruhan buruk, beberapa link random yang muncul tanpa alasan dapat menyebabkan anda mendapatkan hukuman penalty. Anda bisa saja mengira hal ini adalah sebuah serangan, namun hal ini bisa saja terjadi karena ulan anda sendiri.

Google juga mencoba untuk membuat negative SEO sulit untuk dijangkau adalah dengan membatasi link ‘junk’ yang selalu muncul setiap saat. Sejak anda bisa mentautkan link apapun dengan atau tanpa alasan, Google tidak akan memberikan hukuman kepada anda karena mendapatkan link dari website-website yang tidak ada hubungannya dengan anda. Pada dasarnya, semakin banyak yang anda dapatkan, semakain banyak link random yang akan muncul dan semakin sedikit beban yang ditanggung Google.

Mengindentifikasi kasus sesungguhnya dari negative SEO bisa menjadi pekerjaan yang sangat memusingkan. Namun, jika ada skenario yang telah diabaikan, website tanpa pengecualian akan mendapatkan hukuman penalty atau peringkatnya akan diturunkan dan tidak ada kasus yang bisa ditemukan untuk link-link buruk influx, anda mungkin saja sedang mengalami kasus yang bernama negative SEO.

Anda harus bersiap untuk menghabiskan banyak waktu dan sumber untuk menjaga website anda dari serangan. Ini adalah satu-satunya cara yang bisa anda lakukan untuk mengambalikan peringkat Google anda dan juga mengembalikan traffic menggunakan jasa seo .