Media Sosial dan SEO: Memegang Pedang Bermata Dua

Jasa SEO – Sebagian besar dari kita memahami tentang pemasaran Media Sosial dan Search Engine Optimization (SEO). Tapi, tahukah Anda bagaimana keduanya dapat bekerja sama untuk membantu mengembangkan bisnis Anda?

Jangan salah paham, media sosial tidak memiliki hubungan langsung dalam meningkatkan peringkat situs web Anda! Beberapa orang berpikir bahwa karena Google memperlakukan posting media sosial sebagai halaman web individu, aturan SEO dapat diterapkan. Namun, Google tidak suka backlink ke media sosial karena terlalu mudah dimanipulasi. Oleh karena itu, meskipun backlink eksternal adalah salah satu faktor peringkat teratas dari SEO, itu tidak membantu.

 

Jadi, bagaimana media sosial dapat membantu meningkatkan kinerja SEO? Mari kita lihat empat poin yang tercantum di bawah ini:

 

  1. Saluran media sosial untuk menarik backlink eksternal

Media Sosial dan SEO: Memegang Pedang Bermata Dua

 

Media sosial menyediakan hubungan langsung bagi orang untuk membaca konten di situs web Anda, yang pasti berbasis SEO. Meskipun kualitas konten itu sendiri dapat berdampak besar pada rasio pentalan dan keterlibatan waktu di situs, ini menyiratkan bahwa jika konten Anda bagus dan orang-orang memutuskan untuk membaca paragraf, daripada langsung keluar, ini akan mengurangi pentalan menilai, meningkatkan keterlibatan waktu-di-situs, dan statistik keterlibatan ini berkontribusi banyak untuk mesin pencari dalam memprioritaskan hasil pencarian.

Jika demikian terjadi bahwa beberapa influencer dari masing-masing industri melihat konten berkualitas Anda (karena mereka juga menggunakan media sosial sebanyak orang lain), maka ada kemungkinan besar bahwa konten Anda akan ditautkan ke posting blog mereka atau halaman web lainnya. Ketika backlink eksternal tersebut dikembangkan oleh orang yang sangat berpengaruh, tidak hanya dapat mendorong lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, tetapi juga dapat secara tidak langsung membantu dengan SEO Anda.

 

  1. Media sosial untuk memfasilitasi pendengaran sosial

 

Ketika datang ke SEO, Anda sudah memikirkan kata kunci untuk dimasukkan ke dalam situs web Anda untuk meningkatkan kinerja. Namun, kata kunci selalu tidak berguna jika Anda tidak melakukan lebih banyak penelitian untuk memahami maksud pengguna – niat mereka menggunakan kata kunci tersebut, seperti apakah akan membeli, memiliki pertanyaan dalam pikiran dan mencoba mencari solusi, dll.

Media sosial dapat menjadi alat bagi Anda untuk menjangkau dan mendengarkan audiens Anda. Mendengarkan sosial adalah tentang mencari di internet, mencari komentar / persepsi publik tentang bisnis Anda, pesaing Anda, dan bidang minat lainnya. Informasi yang Anda peroleh dari penelitian yang dimaksudkan pengguna dapat memberi Anda wawasan yang lebih baik tentang cara meningkatkan konten Anda, cara menyempurnakan kata kunci yang akan digunakan, dan cara mengatasi kebutuhan pengguna dengan lebih baik.

Dengan cara ini, Anda dapat membuat strategi pemasaran konten yang sesuai dengan kebutuhan target Anda, dan ini juga yang disukai mesin telusur untuk disampaikan kepada pengguna mereka!

 

  1. Media sosial dapat bertindak sebagai ukuran keberhasilan yang sederhana namun efektif

 

Banyak saluran media sosial menyediakan parameter berbeda yang dapat menjadi indikator metrik keterlibatan yang sangat baik, seperti jumlah suka, berbagi, dan komentar per posting di Facebook. Kami kemudian dapat memastikan ini untuk mengembangkan strategi yang lebih baik untuk menarik perhatian audiens Anda.

Analisis jumlah “klik” yang dimiliki oleh pos media sosial Anda, dan cari tahu tema umum yang dimiliki oleh posting yang berkinerja terbaik, dan mengapa audiens menyukainya. Selain itu, periksa juga jumlah “saham”. Konten yang mendapat banyak “saham” berarti bahwa pemirsa Anda menemukan nilai dari dalam, jadi pastikan untuk melacak jenis konten apa, platform atau konteks apa, yang dapat memperoleh lebih banyak “pembagian” organik sehingga dapat meningkatkan visibilitas Anda.

Dalam satu studi kasus, sebuah perusahaan telah mendapatkan lebih dari 130.000 saham Facebook ke halaman web pada tahun 2017 dan akhirnya menempati peringkat # 1 bahkan dalam frase kata kunci yang sangat kompetitif. Jadi, jumlah “saham” sangat penting!’

 

  1. Saluran media sosial ditampilkan di halaman hasil pencarian bermerek

 

Terkadang jasa SEO Jakarta memiliki bakat untuk memunculkan konten media sosial di hasil pencarian. Ini karena SEO memiliki backlink situs web menuju ke media sosial tersebut. Memiliki posting media sosial yang pada halaman hasil pencarian tidak akan mempengaruhi kinerja SEO Anda, tetapi tetap meningkatkan kesadaran dan otoritas merek Anda.

Ketika kesadaran merek terbentuk, banyak orang akan mulai mencari merek Anda dari waktu ke waktu. Analisis pada Fashion Nova menunjukkan bahwa mereka mampu bertumbuh dari nol menjadi lebih dari 88.000 kata kunci (dalam SEMRush) dalam setahun, hanya karena memiliki rasio pentalan yang lebih rendah daripada situs lain. Apa yang terjadi adalah bahwa banyak pengunjung mencari merek mereka bersama dengan item, seperti “Fashion Nova Jeans”.

Ketika lebih banyak pengguna mencarinya dan memiliki interaksi positif dengan situs (yaitu rasio pantulan rendah), Google akan memahami tentang kebutuhan pelanggan, dan akan menyesuaikan merek “Fashion Nova” dengan penelusuran kata kunci non-merek lainnya, sehingga orang juga akan melihat merek bahkan ketika mereka hanya mencari “jins” di Google.

Oleh karena itu, semakin banyak penelusuran bermerek yang diterima merek Anda, semakin tinggi situs Anda cenderung peringkat untuk kata kunci non-merek, secara tidak langsung membantu dengan SEO Anda!

 

Kesimpulan

Setelah membaca semua poin di atas, Anda dapat melihat bahwa posting media sosial tidak memiliki efek langsung pada peringkat SEO Anda, namun, efek positif akan tercermin dengan waktu. Oleh karena itu, manfaatkan media sosial untuk mempromosikan konten kreatif dan berkualitas tinggi, dan juga manfaatkan kemitraan Google dengan Twitter, sehingga dapat menghasilkan lebih banyak penelusuran organik ke situs Anda, yang pada akhirnya meningkatkan SEO Anda!