Tinggal di kawasan tropis memang sangat dekat dengan musim panas, jika tidak disikapi tepat pasti akan sangat mengganggu aktivitas. Rumah sebagai salah satu tempat beraktivitas, haruslah dibuat senyaman dan sesejuk mungkin. Caranya bisa tanpa banyak biaya, namun pastinya akan membuat Anda merasa sejuk alami setiap berada di dalamnya. Intip tipsnya berikut ini!

Hunian Sejuk Alami

Hunian Lebih Sejuk Dengan Interior Ini

Desain interior yang tepat akan membantu sirkulasi udara di dalam hunian jadi lebih maksimal. Anda bisa melakukan beberapa perubahan, agar rasa panas yang selama ini merajalela di dalam rumah bisa diminimalisir.

Ventilasi Silang

Pastikan saat ini ventilasi udara Anda sudah silang, maksudnya adalah meletakkan jendela dan pintu pada sisi berlawanan. Misalnya pada sisi utama ruangan terdapat pintu jenis folding door atau pintu geser, maka pada sisi di depannya Anda bisa menempatkan jendela dengan kaca besar agar sirkulasi udara maksimal.

Warna Cerah

Gantilah cat dinding rumah dengan warna cerah dan terang, karena tak akan menyerap panas. Seperti warna putih, kuning, warna pastel yang lembut. Bukan saja untuk dinding, furnitur dan atap juga sebaiknya memiliki warna cerah tersebut agar aura panas tidak terjebak di dalam ruangan yang mengakibatkan Anda cepat gerah.

Plafon Tinggi

Ini adalah siasat jitu jika ingin rumah sejuk alami berikutnya, ini berfungsi untuk membuat panas tidak mencapai ruangan dengan cepat. Karena biasanya salah satu penyebab panas di dalam rumah adalah plafon yang dibuat rendah, dan material yang tidak bisa meredam panas. Lengkapi juga ruangan dengan pintu yang tinggi dan jenis folding door yang punya celah untuk sirkulasi udara.

Hunian Sejuk

Hunian Lebih Sejuk Dengan Aksesoris Tepat

Aksesoris hunian juga punya fungsi maksimal untuk memberikan kesejukan. Dengan memilih aksesoris yang tepat, maka rumah tak akan terasa panas lagi bahkan ketika di luar matahari bersinar sangat terik sekalipun. Apa saja aksesoris yang harus dipilih?

Taman Indoor

Tanaman menghasilkan oksigen yang penting untuk pernafasan dan membuat udara jadi segar. Semakin banyak tanaman yang ditata apik dalam rumah, maka akan semakin sejuklah rumah tersebut. Anda bisa menempatkannya pada sisi samping rumah, lalu fungsikan folding door atau pintu geser berbahan kaca, untuk membuat oksigen teralirkan dengan baik di dalam rumah.

Kaca Film

Ini merupakan aksesoris penangkal panas yang tepat, Anda bisa menempatkannya pada jendela yang berhadapan langsung dengan cahaya matahari. Karena kaca film mampu memantulkan panas agar ruangan tetap terasa sejuk.

Lampu Minim Panas dan Hemat

Kini banyak tersedia lampu hemat sekaligus tidak mengeluarkan panas berlebihan saat dihidupkan, Anda bisa memilihnya untuk difungsikan pada ruangan dengan tingkat panas yang tinggi. Jangan lupa untuk mematikannya pada siang hari, agar udara di dalam ruangan tetap sejuk.

Kipas Angin

Daripada menggunakan pendingin ruangan, untuk kesejukan alami sebaiknya menggunakan kipas angin saja. Sebab kipas angin membantu sirkulasi udara agar tetap lancar, karena udara yang berputar akan terus baru sehingga Anda tak akan merasa gerah. Maksimalkan fungsinya dengan membuka jendela dan pintu, jadi udara segar dan alami benar-benar full mengisi rumah Anda.

Baca juga: Beragam Pintu yang Cocok Digunakan Untuk Toko

Percaya atau tidak cara tersebut sangat tepat dipakai, daripada harus membeli pendingin ruangan yang harganya mungkin tergolong mahal. Cobak cek saja apakah beberapa pintu sudah pakai folding door, jendela sudah bermaterial kaca, dan semua tips lainnya sudah Anda terapkan, jika belum ayo lakukan sekarang juga!