Saat ini, ada banyak sekali konten kreator di youtube yang menciptakan vlog dengan tema yang menarik. Sebut saja beberapa konten kreator Indonesia yang menciptakan Vlog yang laku di pasaran seperti VNGNC, Atta “ashiaap” Halilintar, Ria Ricis dan Pablo Benua. Bagi sebagian orang, konten vlog dinilai lebih menarik karena menyediakan konsep visual yang mampu membawa perasaan penonton seperti langsung berhadapan dengan suasana vlog yang diciptakan.

Rupanya, keberadaan vlog di YouTube ternyata berpengaruh untuk beberapa pengguna blog. Sebut saja Raditya Dika. Entrepreneur dan artis yang dulu sering memproduksi karya tulisan melalui blognya, kini lebih fokus untuk menciptakan vlog dengan berbagai tema. Mulai dari kisah komedi yang menjadi keahlian Dika, sampai vlog berbau mistis. Selain konten yang lebih menarik, alasan lain banyak blogger yang beralih nge-vlog di YouTube adalah AdSense alias uang yang mereka dapatkan dari iklan yang ditayangkan pada video mereka.

Tidak Dianggap Menarik

Bagi sebagian besar orang, saat ini membaca bukan lagi hal yang menyenangkan. Banyak dari mereka yang mencari pengetahuan atau hiburan baru menggunakan konten audio visual atau audio. Hal ini tentu membuat platform seperti YouTube dan podcast sangat digandrungi saat ini. Tak hanya para vlogger, para pebisnis juga sudah mulai merambah menggunakan konten video untuk memasarkan produk mereka. Menggunakan blog dianggap cara kuno dan membosankan.

Bagi para blogger dan pengusaha, tentunya hal ini merupakan suatu tantangan. Bahkan banyak dari pengusaha ibukota yang bekerja sama dengan penyedia jasa SEO Jakarta untuk meningkatkan performa mereka. Memang, satu-satunya cara yang alami agar blog mudah diraih oleh pengguna adalah dengan menggunakan teknik SEO.

Hal ini juga membuat banyak jasa SEO murah bermunculan, demi mengimbangi keberadaan konten YouTube yang menarik. Para blogger dan penggiat jasa SEO juga saat ini harus terus mencari cara agar blog mereka tidak redup. 

Walaupun begitu, blog masih memiliki satu keunggulan, yaitu penjelasan yang diberikan bisa lebih lengkap. Saat ini juga blog dengan konsep dan konten yang menarik muncul untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan sehari-hari.