Sering kita jumpai  baner yang bertuliskan dilarang merokok di JPO ( Jembatan pengebrangan orang ) di jajan – jalan besar, di warung bahkan di bungkus rokok itu sendiri.  Sudah bukan hal yang aneh lagi jika rook itu memang di larang, tapi masih banyak saja orang bahkan tidak sedikit orang yang masih saja merokok. Walaupun pabrikan rokoknya sendiripun menulliskan pada setiap bungkus rokok yang mereka buat dengan jelas tertulis DILARANG MEROKOK!. Tapi tetap saja orang yang memamng sudah kecanduan rokok itu tidak pernah mempedulikan tulisan itu mau sebesar apapun tulisannya.

Orang dewasa, anak ABG, juga bahkan anak2 sekolah yang masih di bawah umurpun sekarang tau merasaskan  apa itu rokok. Banyak yang bilang jika tidak merokok itu tidak jantan atau kurang laki. Makanya banyak anak2 yang masih di bawah umurpun terpengaruhi untuk gampang mengenal rokok. Ya walaupun mereka sendiri masih sembunyi2 dari orang tua mereka sendiri kalo mereka merokok bahkan orang tuany pun melarang mereka enggang memperdulikannya.

Di Indonesia sendiri pabrik rokok adalah salah satu pabrik terbesar di Indonesia, bahkan pajaknya paling besar di bandingkan dengan pabrik lainnya. Tidak aneh karna orang di Indonesia memang sebagian besar adalah perokok. Mau itu pria atau wanita tidak sedikit yang memang perokok aktif, jika mungkin dulu rokok masih sedikit merknya sekarang rokok sudah berbagaoi macam merk. Dari yang kecil sampai yang besar dari yang isinya sedikit sampai isinya banyak. Bahkan di jaman sekarangpun sudah mulai bermunculan rokok elektrik, di mana rokok elektri itu tidak perlu api untuk menyalakannya. Hanya perlu aliran panas dari batrai yang di bisa di cas dan cairan rokok itu sendiri. Rokok elektrik biasanya mempunyai banyak rasa, bahkan biasanya rasanya bisa rasa buah – buahan, kopi dan lain sebagainya. Setelah rokok eletrik muncul lagi vape, vape itu sendiri seperti rokok elektri k yang hanya saja vape lebih di sempurnakan lagi dan keamannya pun lebih terjamin. Bahkan bentuknya yang menarik untuk kita mencobanya.

Walapun dilarang merokok itu sudah ada sejak dulu tapi perkembangan rokokpun semakin lama semakin maju.