cara-memperbaiki-atap-rumah-dak-beton-dengan-waterproofing-coating

Musim hujan seperti sekarang ini seringkali membuat kita pusing dengan atap rumah dak beton yang rembes dan bahkan bocor, ada yang beberapa kali naik ke atap untuk menambalnya namun tetap saja bocor.

Perlu diketahui bahwa dak beton yang bocor tidak hanya dikarenakan adanya atap yang longgar melainkan kualitas konstruksi yang semakin menurun, hal ini biasa terjadi karena dipengaruhi oleh perubahan kondisi lingkungan alam sekitar. Perubahan cuaca ekstrim, penurunan daya dukung tanah, dan perawatan yang kurang sehingga bisa menyebabkan atap rumah dak beton bocor.

Sebenarnya ada cara mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Cara termudahnya adalah menambahkan perlindungan pada atap dak beton rumah anda dengan waterproofing coating. Waterproofing ini merupakan solusi terbaik dalam mencegah dan mengatasi terjadinya kebocoran pada atap dak beton bangunan anda.

 

Metode Pelaksanaan Waterproofing Untuk Atap Rumah Dak Beton Bocor Yang Bocor

Pelaksanaan pekerjaan waterproofing coating untuk atap rumah dak beton yang bocor, bisa dilaksanakan dibawah ini:

  1. Cek terlebih dahulu penyebab kebocoran, apakah dikarenakan kesalahan struktur, material tidak mendukung, jarak tulangan yang telalu jauh, permukaan kurang miring dan sejenisnya yang hanya dapat diatasi dengan renovasi dak beton yang bermasalah tersebut.
  2. Bersihkan dak beton yang akan dilapisi waterproofing coating dari kotoran dan sisa adukan beton. Jangan lupa, perbaiki terlebih dahulu atap yang rusak dan retak sebelum dilapisi.
  3. Bila celah atap rumah dak beton hanya terjadi pada permukaan plesteran, maka cukup lapisi dengan adukan semen. Setelah mengering, lanjutkan dengan pemberian lapisan waterproofing coating yang berbahan polyurethane (PU). Jika area retakannya kecil, tambal retakannya dengan bantuan serat kasa dan bahan waterproofing.
  4. Perlu diingat, aplikasi waterproofing dimulai dari sudut-sudut atap rumah dak beton dengan menggunakan kuas atau roll.
  5. Perhatikan ketinggian waterproofing untuk area dak beton minimal 20 cm (atau sesuai dengan gambar kerja) dari permukaan lantai.
  6. Setelah selesai, diamkan dan pastikan bahwa area atap rumah dak beton benar-benar kering.
  7. Setelah dipastikan benar-benar kering, tes rendam dapat dilakukan.

Sebagai pengetahuan tambahan, berikut ini adalah ada 2 kesalahan yang kerap terjadi ketika orang memperbaiki atap rumah dak beton. Meskipun fungsi dari waterproofing adalah pelindung kebocoran.

Salah Membeli

Waterproofing memiliki tanggal pemakaian dalam hal fungsinya, yang sifatnya tidaklah abadi. Banyak yang menganggap area yang sudah dilapisi waterproofing selamanya tidak akan bocor. Padahal sebenarnya masa waktunya hanya 2 tahun saja dan tidak akan awet dalam melindungi. Jadi jangan sampai salah beli, dan gunakan waterproofing coating setiap 2 tahun sekali, agar tetap terhindar dari kebocoran.

Salah Pengerjaan

Cara yang benar seperti ini: bersihkan dari permukaan yang kotor atau sesuatu yang dapat menghalangi pelapis anti bocor, kemudian lakukan pelapisan menggunakan kuas atau roll dengan 2 kali lapis. Pertama secara vertical, tunggu hingga mengering, kemudian lapisi kembali dengan cara horizontal. Ini dilakukan agar lapisan semakin kuat dan bertahan selama 2 tahun lebih dari berbagai perubahan cuaca.