Saat ini wordpress menajdi salah satu CMS yang paling banyak digunakan untuk website. Kehadiran wordpress ini bukan tanpa alasan. Pasalnya ia dianggap sebagai salah satu CMS yang mudah digunakan serta memiliki fitur SEO friendly. Meski memiliki fitur SEO friendly namun tak jarang yang masih bingung cara memasang SEO pada website berbasis wordpress.

Pada wordpress sendiri memasang SEO memang cukup mudah. Apalagi ada plugin yang dapat dengan mudah diinstal. Untuk plugin yang paling populer sendiri dalam wordpress adalah Yoast SEO. Plugin untuk SEO yang satu ini juga dapat disebut SEO WordPress by Yoast. Tentunya plugin yang satu ini akan membantu untuk mengoptimasi website yang menggunakan plugin tersebut. Lalu bagaimana cara memasang SEO pada website berbasis wordpress? Berikut langkah-langkahnya yang kami kutip dari salah satu penyedia Jasa SEO Jakarta.

Langkah Mudah Untuk Cara Memasang SEO Pada Website

1. Masuk Pada Dashboard

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mulai proses memasang plugin SEO yang satu ini adalah dengan masuk ke menu dashboard. Untuk masuk ke menu dashboard pemilik website harus lebih dahulu login. Masukkan username dan password yang dimiliki untuk masuk ke dalam halaman dashboard WP Admin. Dari halaman tersebutlah kemudian proses instalasi dari plugin SEO dapat mulai dilakukan.

Cara Memasang SEO Pada Website Berbasis WordPress Dalam 5 Langkah Mudah

2.Pergi ke Menu Plugin

Jika sudah berhasil masuk ke dalam menu dashboard selanjutnya pemilik website dapat mulai menjelajah ke menu plugin. Untuk mencari menu plugin pemilik website dapat mencari dari bagian menu di bawah tulisan Dashboard.

Nantinya di sana ada beberapa opsi mulai dari post, media, pages comments, hingga plugins. Jika sudah menemukan menu plugin yang dilakukan selanjutnya adalah klik menu tersebut lalu pilih opsi add new.

3.Cari Plugin Yoast SEO dan Mulai Lakukan Installasi

Saat opsi add new dipilih maka pemilik website akan dihadapkan pada beberapa pilihan plugin yang dapat ditambahkan. Untuk mencari plugin Yoast SEO masukan kata kunci Yoast SEO pada kolom encarian. Dari sana nantinya berbagai pilihan instalasi yang sesuai akan hadir. Tunggu hingga pilihan Yoast SEO tampil dalam pencarian.

Jika Yoast SEO sudah tampil dalam menu, kemudian klik tombol install now yang terletak di bagian pojok sebelah kanan. Setelah tombol tersebut di klik maka proses instalasi akan dimulai. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

4.Mulai Aktifkan Plugin

Selesai proses instalasi dilakukan, selanjutnya tahapan cara memasang SEO pada website berbasis wordpress adalah melakukan aktivasi plugin. Saat proses instalasi sudah selesai maka akan tampil pemberitahuan yang di bagian akhir memunculkan tombol active plugin. Untuk mengaktifkan plugin, pihak pemilik website tinggal mengklik tombol tersebut maka plugin sudah dapat aktif dan digunakan.

5.Penggunaan dan Pengaturan Yoast SEO

Jika proses instalasi Yoast SEO sudah selesai dilakukan maka Yoast SEO pun sudah mulai dapat digunakan. Tapi, ingat ada tahap cara memasang SEO pada website berbasis wordpess yang terakhir namun sekaligus paling penting. Tahap tersebut adalah pengaturan Yoast SEO. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan mulai menggunakan Yoast SEO.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah komponen-komponen yang harus diatur saat penggunaan plugin ini. Beberapa komponen yang dimaksud adalah post title, meta description, hingga focus keyword. Komponen-komponen tersebut harus diisi sesuai dengan ketentuan agar nantinya memiliki hasil SEO yang maksimal. Nantinya ada content analysis yang ditunjukkan plugin ini untuk menganalisa hasil artikel SEO serta ketepatan pengaturan pada komponen-komponen di atas.

Plugin SEO memang menjadi salah satu fitur yang cukup membantu dalam wordpress. Hadirnya plugin inilah yang kemudian membuat banyak orang memilih menggunakan wordpress. Apalagi cara memasang SEO pada website yang berbasis wordpress pun cukup mudah. Jadi tertarik menggunakan plugin SEO tersebut supaya website wordpress SEO friendly?