Jika Anda terbiasa sewa bus pariwisata untuk menghabiskan liburan di pulau Jawa atau Bali, maka kali ini Anda bisa coba melakukan aktivitas liburan yang berbeda. Anda dan keluarga besar atau rombongan, bisa mencoba untuk pergi berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Barat.

Legenda Malin Kundang

Sumatera Barat (Sumbar) adalah salah satu provinsi di pulau Sumatera yang beribukotakan Kota Padang. Semua pasti sudah pernah mendengar Nasi dan Sate Padang bukan? Salah satu kuliner yang sudah terkenal seantero Indonesia, bahkan mendunia. Hebatnya lagi, rendang sebagai salah satu masakan khas Padang, sudah berhasil menduduki sebagai makanan terenak di dunia.

Selain kekayaan kulinernya yang sudah terkenal. Sumatera Barat juga terkenal dengan karya-karya sastranya yang menawan. Sebut saja Kisah Siti Nurbaya yang tentu sudah sangat memasyarakat. Selain itu, legenda Malin Kundang si anak durhaka juga semua orang tahu. Sumatera Barat yang memiliki banyak pantai indah, salah satunya yang direkomendasikan adalah Pantai Air Manis. Tempat legenda Malin Kundang ini berasal.

Pantai Air Manis dan Legenda Malin Kundang

Malin Kundang adalah legenda seorang saudagar kaya yang lupa diri. Setelah dia menikah dengan putri orang kaya, Malin tidak mau lagi mengakui asal-usul dirinya. Termasuk tidak lagi mengakui ibu kandungnya. Kedurhakaan Malin berakhir kutukan dari Sang Ibu. Akhirnya, kapal saudagar Malin pun pecah berkeping-keping dan Malin Kundang menjadi batu.

 

Pantai Air Manis

Di Pantai Air Manis inilah, terdapat relief tokoh Malin Kundang dan pecahan kapalnya yang sudah berubah menjadi batu. Dari pusat Kota Padang, Pantai Air Manis terletak sekitar 10 KM ke arah selatan. Dari pantai ini pun kita bisa melihat indahnya pemandangan Gunung Padang.

Kepopuleran kisah Malin Kundang, juga membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung.

Selain ini, di Pantai Air Manis juga terdapat pulau-pulau kecil, yakni Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang serta Pulau Sikuai.

Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Air Manis di antaranya adalah menaiki perahu motor atau menyewa ATV, menikmati kuliner laut dan pemandang indah, serta berfoto dengan batu relief Malin Kundang.

Untuk mendapatkan transportasi menuju pulau Sumatera, Anda bisa sewa bus pariwisata Jakarta untuk mendapatkan biaya transportasi yang lebih murah.