Bisnis online merupakan sebutan untuk kegiatan bisnis yang dipasarkan melalui media online.  Semenjak peningkatan jumlah pengguna internet, para pelaku usaha di Indonesia pun berlomba-lomba mengintegrasikan bisnisnya di platform online.  Tak heran jika ada banyak jenis bisnis online yang terus bermunculan.

Kabar gembira bagi kite yang ingin memanfaatkan peluang bisnis online dengan modal seminimal mungkin.  Bisnis online memang memungkinkan setiap orang untuk memulai usaha nyaris tanpa modal.  Kelebihan lain dari bisnis ini adalah dapat dikerjakan dimanapun dan waktunya lebih fleksibel.

3 Peluang Bisnis Online Bermodal Kecil

Segera Mulai 3 Peluang Bisnis Online Ini!

Beberapa alasan mengapa kite harus segera memulai bisnis online adalah luasnya jangkauan pasar dan pemangkasan biaya modal yang cukup besar.  Misalnya, kite tidak perlu menyewa atau membangun toko fisik saat ingin mulai berjualan buket bunga.  Kite bisa jalankan usaha tersebut dari rumah.

Pengguna internet di seluruh dunia terus aktif 24 jam nonstop.  Semua orang di seluruh dunia dapat mengakses toko kite, sekalipun saat kite sedang tidur.  Apalagi teknologi semakin mendukung seperti misalnya teknologi chatbot yang dapat berperan sebagai customer service 24/7.

Tiga jenis usaha dibawah ini adalah peluang bisnis online yang sangat menjanjikan.  Jika mau belajar, setiap orang bisa melakukannya dengan mudah. Bahkan kite bisa melakukannya sebagai pekerjaan sampingan loh!

1. Menjual Produk di Website Toko Online

Harga jasa pembuatan website memang cukup mahal.  Namun, jika kite mau belajar, sebenarnya kite bisa membuatnya sendiri.  Ada banyak tutorial pembuatan website yang bisa dipelajari.

Jika menemui kesulitan, jangan menyerah dan berhenti.  Mulailah untuk mencari referensi website toko online yang menarik.  Lalu coba terapkan itu pada website kite.  Untuk memastikan bahwa website toko kite memang menarik, mintalah review dari beberapa orang.  Tahap selanjutnya adalah melakukan optimasi website menggunakan teknik SEO.  Kite juga bisa mempelajari ini melalui tutorial di internet.

2. Menjual Barang Melalui Marketplace

Marketplace adalah pasar online yang memungkinkan kite untuk membuka toko secara gratis.  Kite juga tidak perlu repot-repot mengatur tampilan website.  Kite hanya perlu mengatur dan mendesain toko kite sendiri.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun di salah satu atau beberapa marketplace ternama. Seperti BukaLapak, Tokopedia, atau Shopee.  Lanjutkan dengan mengunggah gambar dan deskripsi produk.  Jangan lupa untuk selalu mengikuti saran dari customer service dan tergabung di dalam komunitas marketplace tersebut.

3. Menjadi Dropshipper

Dropshipper adalah orang yang melakukan kegiatan dropship, yakni sebutan untuk distributor online yang hanya melakukan kegiatan pemasaran, tanpa harus repot melakukan produksi maupun pengiriman barang. Peluang bisnis online ini memberi kite banyak kemudahan.  Kite tidak perlu melakukan order maupun pengiriman barang.

Cukup lakukan pemasaran, lalu lanjutkan dengan pemesanan ke pihak produsen.  Proses pengiriman barang akan dilakukan oleh produsen dengan atas nama kite.  Kelemahan dari sistem bisnis ini adalah kite sulit mengetahui apakah kualitas barang cukup layak atau tidak.  Maka dari itu, sebisa mungkin lakukan bisnis dropship setelah benar-benar mengecek kualitas barangnya ya!

Apakah kamu sudah terinspirasi ingin melakukan dalah satu dari bisnis di atas?  Jika dilakukan dengan tekun, dapat dipastikan ketiga peluang bisnis online tersebut akan menjadi sumber kesuksesan bisnis kite.  Tidak ada kata terlambat unutuk belajar dan memulai usaha, berapapun usia kite.  Next time, kite akan ulas bersama jenis bisnis online lainnya yang juga dapat dilakukan dengan modal kecil namun berpotensi menghasilkan keuntungan besar contohnya bisa juga menjadi jasa penulis artikel .